Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Zaman Baru Islam Indonesia

Judul: Zaman Baru Islam Indonesia: Pemikiran & Aksi Politik Abdurrahman Wahid, M. Amien Rais, Nurcholish Madjid, & Jalaluddin Rakhmat
Penulis: Dedy Djamaluddin Malik & Idi Subandy Ibrahim
Penerbit: Zaman Wacana Mulia, 1998
Tebal: 340 Halaman
Kondisi: Bekas (Bagus)
Terjual Cilegon

Sejarah telah tertimbun oleh bukti-bukti di mana sistem sosial dan kebenaran yang dipaksakan kepada masyarakat atas nama Allah hanyalah menjurus kepada sikap tidak toleran, tirani dan penindasan yang paling kejam (Soedjatmoko)

Mereka lupa, bahwa revolusi konseptual jauh lebih besar pengaruhnya terhadap perubahan umat daripada revolusi fisik. Bahkan revolusi fisik tanpa revolusi konseptual sering hanya mengulangi kesalahan yang sama (Jalaluddin Rakhmat, h. 182)

Sayang sekali masih ada golongan yang menyambut uluran persahabatan dengan kecurigaan, dan seruan ukhuwah dengan buruk sangka. Mereka berusaha mencari-cari perbedaan ketika pihak yang lain mengajak untuk memperhatikan persamaan. Mereka membongkar aib golongan yang lain, sebagian besar dengan memanfaatkan kemampuan imajinasi yang disalahgunakan. Sebagai pengganti jembatan, mereka membangun benteng yang kukuh. (Jalaluddin Rakhmat, h. 139)

Sekalipun agama itu lebih tinggi dari akal, namun karena ia sejalan dengan akal, atau tidak bertentangan dengannya, maka hendaknya didekati dengan melalui jalan argumen yang masuk akal, metode yang kritis (Nurcholish Madjid, h. 227)