Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Elemen-elemen Jurnalisme

Judul: Elemen-elemen Jurnalisme: Apa yang Seharusnya Diketahui Wartawan dan yang Diharapkan Publik
Penulis: Bill Kovach & Tom Rosenstiel
Penerbit: ISAI, 2004
Tebal: 285 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Stok Kosong


Dalam abad baru, salah satu pertanyaan untuk masyarakat demokratis adalah apakah pers yang independen bisa bertahan hidup? Jawabannya akan bergantung pada apakah wartawan punya kejelasan dan keyakinan untuk menyampaikan arti pers independen, dan apakah, sebagai anggota masyarakat kita peduli? Lalu, muncul pertanyaan lain. Untuk apa ada jurnalisme? Jurnalisme hadir untuk membangun kewarganegaraan (citizenship). Jurnalisme ada untuk memenuhi hak-hak warga negara. Jurnalisme ada untuk demokrasi. Namun, jawaban sederhana ini tidak lagi memadai—karena akan meningkatkan rasa skeptis publik. Tidak saat ini tatkala teknologi komunikasi internet, di mana orang yang berbekal modem dan komputer, bisa menyatakan diri “melakukan jurnalisme”. Tidak saat ini tatkala teknologi telah menciptakan jurnalisme yang baru tempat norma-norma jurnalisme didefinisikan ulang, dan terkadang ditinggalkan.

Beberapa orang berpendapat barangkalai definisi jurnalisme telah diledakkan oleh teknologi sehingga saat ini apa saja terlihat sebagai jurnalisme. Namun, dengan pengamatan yang lebih seksama, tujuan jurnalisme tidaklah ditentukan oleh teknologi, oleh wartawan, ataupun teknik yang dipakai. Prinsip dan tujuan jurnalisme ditentukan oleh sesuatu yang lebih mendasar—fungsi yang dimainkan berita dalam kehidupan orang.

Banyak wajah jurnalisme telah berubah, tapi secara mengagumkan tujuan pers tetap terjaga walaupun tak selalu tersaji dengan baik. Tujuan utama jurnalisme adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan warga agar mereka bisa hidup merdeka dan mengatur diri sendiri. Dalam memenuhi tugas utama tersebut, jurnalisme harus memenuhi sembilan elemen atau Sembilan prinsip utama jurnalisme, mulai dari prinsip kebenaran hingga soal tanggung jawab pada nurani.

Buku Elemen-elemen Jurnalisme karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel ini dimaksudkan sebagai langkah pertama untuk membantu wartawan menyampaikan tuntutan bagi jurnalisme untuk memegang prinsip-prinsip yang saat pertama kali didengungkan telah melahirkan pers bebas. Berikut ini adalah kesembilan elemen-elemen jurnalisme yang harus dipenuhi dalam jurnalisme.

1. Kebenaran
2. Loyalitas wartawan terhadap masyarakat
3. Disiplin verifikasi
4. Independen terhadap pihak yang diliput
5. Wartawan sebagai pemantau independen kekuasaan.
6. Jurnalisme sebagai forum publik
7. Menarik dan relevan
8. Menjadikan berita komprehensif dan proporsional
9. Wartawan bertanggung jawab pada nurani