Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Ringkasan Logika Muslim: Sebuah Analisa Definisi

Judul: Ringkasan Logika Muslim: Sebuah Analisa Definisi
Penulis: Hasan Abu Amar
Penerbit: Yayasan Al-Muntazhar, 1992
Tebal: 123 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Order: WA 085225918312

Dewasa ini kita selalu dituntut untuk menjelaskan segala pengetahuan kita secara rasional dan ilmiah. begitu pula dengan berbagai konsep keagamaan yang kita miliki.untuk melakukan hal tersebut dengan baik, dibutuhkan pijakan akal untuk senantiasa seirama dengan rasionalitas yang menjadi dalil utama diterimanya sebuah konsep atau pengetahuan.

Hubungan Logika terhadap Akal manusia, ibarat hubungan Ruh terhadap badannya. Memang, hal ini bagi yang ingin mencapai kebenaran sejati. Bagaimana dengan Agama? bukankah ia ukuran kebenaran sejati?

Agama, tidak syak lagi, memang merupakan ukuran kebenaran sejati, namun agama yang mana? Tentu saja “agama yang agama”, bukan agama yang kita pahami (sebab ia relatif).

Lagi pula Akal dan Agama sama sama makhluk Tuhan yang tidak mungkin saling bertentangan. Jadi, lurusnya akal akan menyatu dengan “agama yang agama”. Dan perlu dicatat, buku ini merupakan langkah paling awal menuju alam pemikiran filsafat.

Melampaui itu semua Hasan Abu Amar telah mengucurkan keringatnya demi melahirkan sebuah karya untuk bisa digunakan umat Islam dalam mengikat pemahaman keagamaanya dalam bingkai rasionalitas. bukan saja meneruskan budaya ilmiah yang konon lahir dari rahim peradaban barat tetapi juga, mengkritisi, mengevaluasi, dan membangun kembali sebuah cara berpikir ilmiah yang lebih apik dan tak tergoyahkan oleh bentuk pemikiran apapun. oleh karena itu sebagaimana wajib seorang manusia untuk berpikir, dan wajib berpikir yang benar maka penting dan sangat penting bagi siapapun untuk membaca karya Hasan Abu Amar yang berjudul RINGKASAN LOGIKA MUSLIM.
Pesan Sekarang