Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Para Jagoan: Dari Ken Arok sampai Kusni Kasdut

Judul: Para Jagoan: Dari Ken Arok sampai Kusni Kasdut
Penulis: Petrik Matanasi
Penerbit: Trompet Book, 2011
Tebal: 105 halaman
Kondisi: Bagus (stok lama)
Harga: Rp. 100.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Jago adalah istilah yang umum digunakan dalam masyarakat Indonesia terhadap tukang pukul. Di zaman prakolonial, kumpulan jago biasanya satu-satunya alat penguasa. Meski dalam teorinya, raja memerintah lantaran mendapat wahyu atau semacamnya, namun dalam prakteknya raja berkuasa tergantung seberapa besar jagoan yang dia bawahi. Tentunya raja adalah raja jagoan.

Buku ini menghimpun kisah hidup preman-preman (orang bebas) dan Jagoan yang di hari kini justru harum namanya. Sebut saja Ken Arok, Raja Singashari yang menurunkan raja-raja hingga ke Mataram Islam, adalah seorang Preman/ Jagoan yang melompat kancah politik.

Untung Surapati, budak seorang pengusaha Belanda di Batavia ini, dipenjara karena memacari puteri dari tuannya.Untung meloloskan diri lalu membentuk geng perampok. VOC menawarinya pekerjaan sebagai tentara, tapi tak lama Untung desersi dan bersama orang-orang dari Bali, bergerak ke Timur, mendirikan kerajaan kecil di Bangil dekat Surabaya dan permusuhannya dengan VOC yang lestari, menjadikannya pantas menyandang status Pahlawan Nasional Indonesia.

Simak pula kisah-kisah menarik lainnya dari tokoh-tokoh Jagoan dan Preman semacam Si Pitung “Robin Hood” Betawi, I Tollo si Perampok dari Gowa, Bang Pe’i si Preman Pasar Senen yang menjadi Menteri Keamanan 1966. Ibnu Hajar, Letnan Tentara Laut RI yang memimpin pemberontakan, Suradi Bledheg gembong Merapi Merbabu Complex dsb.