Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Kuasa Wanita Jawa

Judul: Kuasa Wanita Jawa
Penulis: Christina S. Handayani & Ardhian Novianto
Penerbit: LKiS, 2004
Tebal: 255 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 65.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Dalam kajiannya, Christina S Handayani & Ardhian Novianto menyoroti peran serta wanita-wanita wilayah Gunung Kidul dalam membangun keluarganya. Dan ternyata, sosok wanita pun mampu melakukan pekerjaan layaknya laki-laki pada umumnya. Wanita Jawa tidak perlu menjadi maskulin untuk mendapatkan kekuasaan, tetapi justru ia harus memanfaatkan kefemininitasnya.

Wanita Jawa, yang hampir selalu digambarkan sebagai sosok yang lemah lembut, konco wingking serta berbagai stereotype lainnya. Seperti apa yang saya bayangkan, buku ini mencoba membalik makna dari apa yang selama ini orang gambarkan mengenai sesosok wanita jawa. Kekuatan dan kuasa yang dimiliki orang jawa, ternyata tidak hanya di sektor domestik saja, namun juga sektor publik meskipun tidak mendapatkan banyak sorotan.

Jangan pernah menguji kesabaran seorang wanita Jawa. dia adalah seorang yang rela sengsara, berkorban untuk mereka yang ada disekelilingnya apalagi untuk Raja di hatinya, tentu bukan lagi sebuah keraguan yang patut ada dalam zona tanda tanya. dibalik lemah gemulai tindak tuturnya, who knows.. tersimpan kekuatan yang luar biasa jauh dalam kodratnya... Wanita... bukan sekedar "wani ditata" namun juga mengandung makna "wani ing tata" dalam kajian matrifokalis.. dia adalah pengatur dan penjaga keseimbangan sebuah kehidupan.