Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Asal-Usul Kekayaan

Judul: Asal-Usul Kekayaan
Penulis: Martin Suryajaya
Penerbit: Resist Book, 2013
Tebal: 384 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 100.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Ilmu ekonomi bertumpu pada sebaris pertanyaan fundamental: dari manakah asal-muasal kekayaan? Dalam sebuah masyarakat di mana perdagangan telah menjadi bentuk umum pemenuhan kebutuhan hidup manusia, kekayaan hadir dalam dimensi yang khas.

Objek kekayaan mengemuka sebagai komoditas atau barang serta jasa yang dapat dipertukarkan. Karenanya, pertanyaan tentang asal-muasal kekayaan pada dasarnya identik dengan pertanyaan tentang asal-muasal ketertukaran komoditas. Bagaimana komoditas yang memiliki kegunaan yang berlainan dapat dipertukarkan sama sekali? Bukankah sepasang komoditas dapat dipertukarkan sejauh keduanya senilai? Pertanyaan dasar inilah yang melahirkan teori pertama dalam ilmu ekonomi: teori nilai.

Buku ini melacak sejarah perdebatan antara dua gugus teori nilai paling dominan, yakni teori nilai-kerja dan teori nilai-utilitas, serta membentangkan pengandaian filosofis dari keduanya.

Dengan demikian, buku ini memuat kajian sistematis yang bergerak pada tiga disiplin sekaligus: ilmu ekonomi, sejarah pemikiran dan filsafat ilmu. Pada puncaknya, buku ini memuat argumen bagi teori nilai-kerja Marxian sebagai alternatif terhadap teori nilai-utilitas Neoklasik yang kini menyeret realitas perekonomian global pada krisis.