Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pengelolaan Daerah Aliran Sungai: Sebuah Pendekatan Negosiasi

Judul: Pengelolaan Daerah Aliran Sungai: Sebuah Pendekatan Negosiasi
Editor: Dodi Yuniar H.
Penerbit: InsistPress, 2008
Tebal: 160 halaman
Kondisi: Bagus (stok lama)
Harga: Rp. 30.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Buku ini merupakan ajakan bagi banyak pihak untuk meninjau kembali berbagai konsep dan metodologi pengelolaan air yang diterapkan dewasa ini. Buku ini juga berusaha membuka wacana keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan air. Para pembuat kebijakan dan pihak lain yang berkepentingan didorong untuk belajar dari sistem pengelolaan air masyarakat lokal.

Studi kasus yang dipaparkan dalam buku ini mengungkapkan bahwa berbagai strategi pengelolaan DAS yang dikembangkan masyarakat lokal dan telah berhasil dintegrasikan ke dalam pengelolaan DAS dan kebijakan mengenai air tingkat nasional; sekaligus juga kita bisa menyimak kisah ketidakberhasilan implementasi dan peningkatan strategi pengelolaan air lokal ke tingkat yang lebih tinggi.

Dewasa ini desakan untuk menggunakan pendekatan baru dalam pengelolaan DAS semakin menguat, terutama pendekatan yang memperhatikan prinsip kelestarian dan kesetaraan distribusi hasil sumber daya alam. Hal itu disebabkan oleh penerapan pembangunan yang tidak berkelanjutan yang menyebabkan berkurangnya kemampuan sungai dalam mendukung kehidupan dan menyediakan sumber mata pencaharian bagi manusia. Di beberapa wilayah dunia seperti Asia, Afrika, dan Amerika Latin, kemampuan sungai dalam menyediakan makanan, dan jaminan bagi kehidupan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai semakin lama semakin menurun.