Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendahulukan Si Miskin: Buku Sumber bagi Anggaran Pro Rakyat

gambar
Rp.60.000,- Rp.40.000,- Diskon
Judul: Mendahulukan Si Miskin: Buku Sumber bagi Anggaran Pro Rakyat
Editor: Abdul Waidl, Arie Sudjito, Sugeng Bahagijo
Penerbit: LKiS & Perkumpulan Prakarsa, 2008
Tebal: 236 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok Lama)

"Sekurang-kurangnya ada dua prinsip yang di tawaran Abdul Wahid dkk dalam buku ini ihwal pembangunan di Indonesia. Pertama, menumbuhkan perekonomian. Langkah ini di upayakan untuk meciptakan pembangunan yang berkelanjutan serta membantu rakyat mengatasi kemiskinan (pro growt). Caranya adalah menciptakan lapangan pekerjaan serta memberikan peluang bagi lembaga-lembaga perekonomian swasta.

Kedua, kebijakan pembangunan yang peka terhadap perbedaan-perbedaan sosial dan ekonomi. Prinsip ini ditujukan penulis untuk mengantisipasi bagi pasar yang tidak netral atau tidak adil bagi semua. Sebab, kekuatan pasar bisa saja dapat menciptakan marjinalisai dan ketidaksejahtraan yang lebih parah. Sehingga dari sinilah diperlukan kebijakan redibrusi dan tindakan afirmatif yang aktif dan explisit menangani ketidaksetaraan dari pasar bebas. Sehingga pendistribusian uangpun dapat disebarkan keseluruh lapisan masyarakat."

"Buku ini menawarkan lobi struktural dalam advokasi anggaran untuk orang miskin. Bagi pemerintah, buku ini bisa menjadi database yang penting .." (Soekirman, Wakil Bupati Kab. Serdang Bedagai )

" .... menarik, karena menggunakan bahasa ilmiah populer untuk semua lapisan. Membacanya seperti sedang mencari terapi bagi orang miskin .." (Maryam, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari)

"Buku ini berupaya mendorong pengambil kebijakan agar makin cepat mewujudkan kebijakan anggaran yang pro rakyat miskin, deretan peristiwa dan teori dalam buku ini berguna sekali bagi kalangan DPRD dan tenaga ahlinya" (Jamal Yazid, Ketua Komisi II DPRD Kab. Boyolali)

Bab I : Pendahuluan
Bab II : Mengapa Anggaran Pro-Rakyat Miskin (Pro-Poor Budget)?
Bab III : Kerangka Kebijakan Partisipasi Masyarakat dalam Penganggaran
Bab IV : Mengembangkan Analisis Anggaran Pro Poor
Bab V : Demokratisasi Anggaran; Hambatan dan Strategi Masyarakat Sipil dalam Mendorong Anggaran Pro Rakyat
Bab VI : Penutup; Pelajaran yang Bisa Dipetik
Pesan Sekarang