Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Demokrasi di Pedesaan Jawa

Judul: Demokrasi di Pedesaan Jawa
Penulis: Yumiko M. Prijono & Prijono Tjiptoherijanto
Penerbit: Kosa Kata Kita, 2012
Tebal: 120 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 35.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312

Sudah lumrah bagi sementara  ahli dan peminat kebudayaan Jawa bahwa masyarakat Jawa tradisional bercorak feodal. Pusat kekuasaan selalu berasal dari keraton. Raja memiliki kekuatan yang mutlak. Tidak ada lembaga pengontrol atau lembaga sejenis yang dapat membatasi kekusaan penguasa.

Berapa jauh pengaruh keraton ini efektif bagi daerah yang berada jauh dari pusat keraton?  Dalam hal  apa desa-desa yang letaknya jauh dari pusat keraton itu menjalankan otonominya sendiri? Apakah dalam otonomi itu terkandung unsur-unsur demokrasi, yang mengikutsertakan wakil-wakil rakyat untuk terlibat dalam masalah pedesaan?

Justru di sinilah bidang yang hendak diajukan oleh penulisnya. Unsur-unsur demokrasi dalam pedesaan Jawa pernah ada. Hal ini dibuktikan dengan terdapatnya lembaga masyarakat seperti rembug desa, adanya semangat gotong-royong, misalnya gugur gunung, tradisi pemilihan lurah dan sebagainya.

Buku ini sangat penting  guna mengkaji unsur-unsur demokrasi dalam masyarakat Jawa Tradisional, dan sangat berguna bagi yang mencita-citakan terwujudnya Negara Indonesia yang semakin demokratis.