Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Jelajah Sepeda Kompas: Melihat Indonesia dari Sepeda

Judul: Jelajah Sepeda Kompas: Melihat Indonesia dari Sepeda
Penulis: Ahmad Arif
Penerbit: Kompas, 2010
Tebal: 196 halaman
Kondisi: Bagus (stok lama)
Harga: Rp. 50.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Ada kisah apa dibalik sepeda? Alat Transportasi roda dua yang proses penemuannya diinisiasi oleh letusan dahsyat Gunung Tambora di ujung timur Nusantara ini, selain sehat bagi raga dan menyehatkan lingkungan, ternyata juga menjadi penanda pergerakan budaya.

Pada awal kedatangannya di nusantara, sepeda menjadi medium modernisasi dan identik sebagai tunggangan kaum priyayi. Sepeda kemudian terdesak kendaraan bermotor, dan lekat dengan kaum susah. Kini sepeda kembali menemukan kelasnya di negeri ini. Berbagai kalangan kembali mulai bangga bergaya dengan sepeda. Ribuan pesepeda pun membanjiri ruas-ruas jalan utama di Jakarta dan beberapa kota lain pada hari pengharaman mobil (car free day) atau pada pawai-pawai sepeda yang semakin kerap digelar. Sebagian pesepeda dengan sengaja dan juga rutin memilih bersepeda di tengah sesak dan gilanya lalu lintas kota.

Buku ini merekam evolusi sepeda dan penggunanya di Nusantara sejak zaman Belanda hingga kini, terutama si Pulau Jawa yang menjadi perlintasan Jelajah Sepeda Kompas dari Surabaya ke Jakarta.