Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Novel Tentang Cinta (Alain de Botton)

Judul: Tentang Cinta: Sebuah Novel
Penulis: Alain de Botton
Penerbit: Jalasutra, 2005
Tebal: 324 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 25.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312


“Filosofi cinta matang ditandai oleh sebuah kesadaran aktif akan baik-buruk dalam tiap diri dan lebih disukai oleh hampir semua pendekatan.”

Seperti itulah petikan kalimat sakti dalam novel Tentang Cinta karya Alain De Botton. Lewat novelnya, Alain De Botton menyuguhkan sesuatu yang berbeda dari novel-novel lain. Tanpa menghilangkan esensi dari rangkaian alur cerita, gaya naratif novel ini dikemas dalam bentuk esaistik.

Butuh analisis serta konsentrasi yang tinggi untuk memahami maksud yang terkandung dalam tiap kalimat yang ditulisnya. Seperti halnya novel Dunia Sophie karangan Jostein Gaarder, pembaca yang awam mungkin akan sedikit kesulitan memaknai tiap data-data berupa grafik, simbol, gambar, dan lain-lain yang penulis sajikan.

Dalam pemaparannya yang menggunakan orang pertama, penulis berperan sebagai tokoh utama. Beliau mencoba menyampaikan opini mengenai bagaimana kausalitas aku dan kekasihnya (Chloe) bertemu, berkenalan, hingga akhirnya merajut cinta dan kebersamaan serta ending tragis di balik penderitaan cintanya.

Novel ini lebih menonjolkan retorika penulis mengenai hal ihwal percintaan secara filosofis, fisiologis, dengan referensi tokoh-tokoh penting dan besejarah untuk memperkuat argumentasinya. Adapun kisah aku sebenarnya hanya sebagai contoh kasus dari gagasan-gasannya akan paham romantika. Terbukti dengan tokoh-tokoh yang berperan dalam novel hanya tiga orang, aku, Chloe dan Will. Minimnya variasi cerita membuat novel ini terasa menjenuhkan.

Secara keseluruhan novel ini layak dikonsumsi bagi kamu yang ingin mengetahui tentang cinta secara mendalam berdasarkan filosofis-filisofis dari pakar-pakar romantisme.