Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Dialektika Pencerahan: Mencari Identitas Manusia Rasional

Judul: Dialektika Pencerahan: Mencari Identitas Manusia Rasional
Penulis: Max Horkheimer & Theodor W. Adorno
Penerbit: Ircisod
Tebal: 442 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Stok kosong

Buku ini memaparkan tentang dilema manusia rasional dalam menegaskan diri, hidup, dan kedaulatannya. Gaya bahasa yang digunakan penulis sering kali bernada sinis, satir, dan penuh metafora, membuat buku ini semakin langka.

Meskipun gagasan yang dituangkan di dalam buku ini belum tersistematis secara rapi, namun penulis mampu mengembangkan klaim bahwa pencarian sistematik dari akal budi dan kebebasan yang tercerahkan mempunyai pengaruh ironis jangka panjang dalam melahirkan penindasan baru. Memang, buku yang ditulis di bawah bayang-bayang Hitler di Jerman dan Stalin di Rusia ini lebih menunjukkan bahwa logika yang tersembunyi di balik rasionalitas pencerahan adalah sebuah logika dominasi dan penindasan.

Selain memaparkan tentang gagasan penulis, buku ini juga menyajikan teori kritik masyarakat yang dikemukakan oleh Madzhab Frankfurt untuk membantu memahami penjelasan penulis. Teori kritik ini merupakan sebuah tipe neo-Marxis dan pemikiran kiri baru yang mengangkat isu positivisme Barat dan sainstisme Marxis, juga terhadap kapitalisme Barat dan bentuk-bentuk masyarakat yang diciptakan oleh sosialisme Bolshevik.

Lalu, apa sebenarnya konsep dari pencerahan itu? Apa batasan-batasannya? Dan, apa pula hubungan antara pencerahan dengan moralitas?

Baca selengkapnya dalam buku ini. Ada banyak hal di luar dugaan yang dibahas di dalam buku ini yang membuat wawasan Anda semakin bertambah.

•    Konsep Pencerahan
•    Mitos dan Pencerahan
•    Pencerahan dan Moralitas
•    Pencerahan sebagai Penipuan Massa
•    Batas-Batas Pencerahan, dll.