Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku After New Paradigm: Catatan Para Ulama Tentang LDII

Judul: After New Paradigm: Catatan Para Ulama Tentang LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia)
Penulis: Habib Setiawan, Robi Nurhadi, Muhamad Muchson Anasy
Penerbit: Pusat Studi Islam Madani Institute, 2008
Tebal: 266 halaman
Kondisi: Bagus (Bekas)
Terjual Gresik


Buku ini mencoba memaparkan berbagai dimensi yang berkaitan dengan LDII, kelebihan sekaligus kekuranganya, dilengkapi dengan pandangan beberapa ulama dan tokoh masyarakat tentang ormas ini, baik yang pro maupun kontra. Dengan demikian, pembaca bisa melihat sejauh mana prinsip-prinsip LDII berbeda dengan ormas- ormas Islam lainnya;apakah perbedaan tersebut menyakut prinsip ma'ulima minaddin bidh- dharurah atau tidak;apakah perbedaan tersebut berada dalam koridor yang ditolerir atau tidak.

Kebanyakan orang menulis buku tentang LDII untuk membahas LDII secara umum, buku tersebut kebanyakan mengulas LDII pada sisi negatifnya, sedangkan sisi positifnya kurang mendapat perhatian. Akibatnya, opini masyarakat tentang ormas ini menjadi bias, ditambah adanya dakwaan yang mengaitkan ormas ini dengan Islam Jamaah. Tetapi buku yang ditulis oleh Habib setiawan, Robi Nurhadi dan Muhamad Muchson Anasy dan diterbitkan oleh Pusat Studi Islam Madani Institute ini memaparkan berbagai dimensi yang berkaitan dengan LDII, kelebihan sekaligus kekurangannya, dilengkapi dengan pandangan beberapa Ulama dan Tokoh Masyarakat tentang LDII, baik yang pro maupun yang kontra.

Penulis mencoba membangun posisi sekuat mungkin untuk netral, hingga menghimpun data dan informasi yang akurat dan obyektif, disini bisa dilihat dengan menghadirkan tokoh-tokoh baik yang pro maupun yang kontra terhadap LDII. Sehingga opini pembaca tentang LDII tidak berat sebelah.Opini yang adil ini diharapkan akan menginspirasi para pembaca untuk menyikapi LDII secara arif, sehingga tindakan dan reaksi terhadap LDII menjadi tepat dan arif juga.

Sekedar sama-sama mengingatkan bahwa Allah SWT berfirman dalam al-Quran "Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat" (QS al-Hujarat [49]:10).

Daftar Ulama yang diwawancarai
1. KH. Ma'aruf Amin (Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Pusat
2. KH. Alie Yafie (Tokoh Ulama)
3. Prof. Dr. H. Utang Ranuwidjaya (Ketua Komisi Pengkajian dan Pengembangan MUI Pusat)
4. Prof. Dr. KH. Said Agil Siradj (Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama)
5. Dr. M. Syafi'i Mufid, MA ( Peneliti Departemen Agama RI)
6. Dr. Adian Husaini, MA (Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII)
7. Drs. KH. Munzir Tamam, MA (Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Provinsi DKI Jakarta)
8. Drs. KH. Mawardi AS (Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Provinsi Lampung)
9. Drs. H.M. Rafani Akhyar, M.Si (Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Barat)
10. KH. Abdusshomad Buchori (Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Provinsi Jawa Timur)
11. KH. Azhari Abas (Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Provinsi Kepulauan Riau)
12. Ustadz H. Abdul Mutalif bin Hasyim (Pengurus Executive Masjid Darussalam Singapore, Member of Islamic Regious Counsil of Singapore)
13. Ustadz H. Khamsi bin Sunandar (Presiden Persatuan Bakti Muslim Selangor, Malaysia