Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Ragam Ekspresi Islam Nusantara

Judul: Ragam Ekspresi Islam Nusantara
Penulis: Tim The Wahid Institute
Penerbit: The Wahid Institute, 2008
Tebal: 171 halaman (ukuran besar hc)
Kondisi: Bagus (Bekas)
WA 085225918312

Buku berukuran besar ini merupakan himpuanan tulisan yang pernah dimuat sebagai suplemen di dua mingguan berita : GATRA dan TEMPO. Isinya, pernak-pernik dan hasil penelusuran para penulis di bawah payung The Wahid Institute untuk menggambarkan Islam yang hidup dan dihidupkan oleh umatnya di Indonesia.

Penuh Warna. Itulah kesan yang terpahat setelah membaca halaman demi halaman buku ini. Terbagi dalam 30 subtema, buku ini seperti mengajak kita berkelana menelusuri setiap sudut kehidupan dan aktivitas umat Islam di Nusantara. Ada yang isinya menggugat dengan dingin, ada juga yang bernuansa inspiratif. Ada yang bicara politik, ekonomi, tak kalah pula disinggung dunia seni dan budaya.

Yang cukup menarik adalah tulisan yang berkenaan dengan isu lingkungan. Tulisan yang sejak awal dibuka dengan isu nuklir tiba-tiba ditutup dengan kasus lumpur Lapindo. Tiga halaman penuh bercerita tentang penolakan warga dan latar belakang isu nuklir ini, satu halaman terakhir diisi soal posko yang dibangun para kiai untuk membantu korban Lumpur yang merendam sebagian kota Sidoarjo itu.

Tapi ada sebuah benang merah yang dapat ditarik dari seluruh sajian dalam buku ini. Para penulisnya, yang tentu kalangan muda Nahdiatul Ulama (NU), ingin menyampaikan pesan bahwa Islam adalah agama damai, toleran, dan menghargai pluralitas. Ini terlihat jelas sejak tulisan pertama.

Malah, masalah toleransi itu dibedah dalam 13 halaman tersendiri. Diawali denga tulisan bertajuk "Teladan Toleransi Khazanah Klasik", tema ini ditutup dengan pandangan mantan aktivis Jamaah Islamiyah, Nasir Abas. Penyajiannya pun masih dalam nada yang dingin, tidak meledak-ledak.

Buku ini boleh dibilang memperlihatkan seberapa luas perhatian dan kepedulian kelompok muda NU itu terhadap berbagai masalah yang berkembang secara nasional maupun lokal. Banyak hal bisa dipetik dari karya-karya mereka.
Pesan Sekarang