Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepulauan Kangean: Penelitian Terapan untuk Pembangunan

gambar
Rp.90.000,- Rp.50.000 Diskon
Judul: Kepulauan Kangean: Penelitian Terapan untuk Pembangunan
Editor: Charles Illouz & Philippe Grange
Penerbit: KPG, 2013
Tebal: 290 halaman (Ukuran Besar)
Kondisi: Stok lama (Bagus)

Kepulauan Kangean adalah daerah paling timur di Kabupaten Sumenep, malah daerah paling timur pula di Provinsi Jawa Timur. Meskipun terletak di sekitar pusat geografis Indonesia, kepulauan terpencil ini jarang sekali menarik perhatian para ilmuwan.

Dalam kumpulan tulisan ini, disajikan beberapa hasil penelitian tentang Kepulauan Kangean dari sudut pandang visi pembangunan yang berkelanjutan. Terdapat artikel tentang berbagai bidang ilmu: geografi, geofisika, sejarah, bahasa, pendidikan, ekonomi, antropologi, dan biologi kelautan, dengan tujuan menghasilkan gambaran holistis tentang Kepulauan Kangean. Hasil penelitian mengenai suatu wilayah yang relatif kecil diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dalam merancang pembangunan masa depan, sekaligus merupakan contoh tantangan yang dihadapi oleh masyarakat di berbagai kepulauan terpencil di Indonesia.

Penelitian terapan untuk pembangunan ini dilaksanakan dalam rangka kerjasama ilmiah lintas disiplin bertaraf internasional. Tim peneliti terdiri dari sejumlah ilmuwan dan mahasiswa S3 dari Indonesia dan dari Prancis dalam jumlah yang seimbang. Mereka bekerjasama baik di lapangan maupun di laboratoriumnya masing-masing. Tukar pendapat dan pengalaman di antara mereka tidak terbatas pada kerangka suatu disiplin ilmu tertentu, tetapi juga antar disiplin, bahkan sering terjadi secara spontan, karena tantangan pembangunan tidak dapat dipecahkan dari satu sudut pandang saja.
Pesan Sekarang