Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Etika Ekonomi dan Manajemen (Dawam Rahardjo)

Judul: Etika Ekonomi dan Manajemen
Penulis: M. Dawam Rahardjo
Penerbit: Tiara Wacana, 1990
Tebal: 204 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Stok kosong

Sebagai pakar di bidang ilmu ekonomi, penulis buku ini telah melakukan pengembaraan intelektual yang tak kenal lelah, dan telah menghasilkan cukup banyak karya ilmiah, termasuk bidang ekonomi mikro.

Perhatian penulis pada perekonomian terus meningkat, dan ini sekaligus membuktikan keluasan pemahamannya tentang ilmu ekonomi, bukan hanya berurusan dengan produksi, konsumsi, dan produksi, melainkan juga dengan masalah sosial-budaya. Kegiatan ilmu ekonomi, dengan demikian, tak terlepas dari pertimbangan etis atau moral.

Ilmu ekonomi yang tak membenarkan keserakahan manusia adalah ciri pokok ekonomi yang berwawasan Islam. Di samping penekanan pada doktrin al-akhirah sebagai sumber rasionalitas ekonomi. Di samping itu, dilihat dari sisi manajemen, ajaran Islam tak hanya mengutamakan prinsip efisiensi, tetapi juga dikombinasikan dengan konsep-konsep kekhalifahan, amanah, ihsan dan adil.

Bagaimana kaitan antara agama dan upaya manusia untuk memenuhi kesejahteraan materiil, merupakan pokok bahasan buku ini. Buku ini amat berguna bagi mahasiswa ekonomi maupun pakar di bidang ini yang terbiasa dalam cara pandang positivis dan mengabaikan aspek moralitas.

Daftar Isi:
Bab 1: Etika Ekonomi Dalam Al Qur'an
Bab 2: Moral Ekonomi Islam dan Relevansinya Bagi Pengembangan Konsep Manajemen Indonesia
Bab 3: Aplikasi Nilai-Nilai Islam di Bidang Ekonomi
Bab 4: Amanah Dalam Manajemen
Bab 5: Poskrip
Indeks