Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Judul: Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah
Penulis: Haidar Putra Daulay
Penerbit: Tiara Wacana, 2001
Tebal: 194 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Stok kosong

Bicara tentang pendidikan di Indonesia, maka orang tak mungkin melepaskan pembicaraan tentang institusi pendukungnya, yakni pesantren, madrasah dan sekolah (agama). Ketiga intitusi ini merupakan penopang gerak langkah dan dinamika dari apa yang dinamakan dengan pendidikan Islam di Indonesia.

Barangkali kajian tentang ketiga intitusi tersebut telah banyak dilakukan orang. Hanya saja, biasanya kajiannya bersifat satu persatu, dan jarang sekali yang meletakkan kajian ketiga institusi pendidikan Islam di Indonesia secara bersamaan. Itu pun kajian yang menyangkut eksisitensi (ketiga institusi tersebut) belum banyak mendapatkan perhatian.

Kami ingin memberikan kepada masyarakat pembaca suatu kajian tentang institusi pendidikan Islam di Indonesia dari segi eksistensinya, yang sering dilupakan orang. Setidaknya, sebagai bahan perbandingan terhadap buku yang selama ini beredar. Jadi, buku ini, tentu saja, akan sangat bermanfaat bagi mereka yang meminati kajian tentang pendidikan Islam di Indonesia, karena data-datanya yang langsung menukik pada eksistensi ketiga institusi pendidikan Islam di Indonesia.
Daftar Isi

    Bab I. Pendahuluan
    Bab II. Pesantren
    Bab III. Sekolah
    Bab IV. Madrasah
    Bab V. Pendidikan Islam Masa Depan
    Daftar Kepustakaan
    Indeks