Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pendidikan Tinggi dalam Islam

Judul: Pendidikan Tinggi dalam Islam: Sejarah dan Peranannya dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan
Penulis: Charles Michael Stanton
Penerbit: Logos, 1994
Tebal: 272 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Terjual Jakarta Utara


Buku yang berjudul Pendidikan Tinggi dalam Islam (Higher Learning in Islam) yang ditulis oleh Charles Michael Stanton ini adalah sebuah buku yang merupakan hasil penelitiannya tentang pendidikan Tinggi Islam yang berkembang pada abad 700 hingga 1300 M dan pengaruhnya terhadap pendidikan tinggi di Eropa.

Buku ini terdiri dari tujuh bab dan diwali dengan kata pendahuluan. Bab-bab yang terdapat dalam buk ini adalah: 1) Bab pertama berjudul Islam dan Bahasa Arab: Landasan Pendidikan Tinggi; 2) Bab kedua berjudul: Lembaga Pendidikan Formal Pendidikan Tinggi; 3) Bab ketiga berjudul: Pengaruh Hellenisme atas Pendidikan Tinggi; 4) Bab ketiga berjudul: Masa Jaya Ilmu Pengetahuan Islam; 5) Bab keempat berjudul: Lembaga Informal Pendidikan Tinggi; 6) Bab kelima berjudul: Transmisi Pendidikan /tinggi ke Eropa Abad Pertengahan; 7) Bab ketujuh berjudul: Pendidikan Islam Klasik.

Buku ini cukup menarik untuk dikaji, karena isinya memberikan kejelasan tentang perkembangan sistem pendidikan pada masa klasik yang menjadi dasar bagi perkembangan sistem pendidikan di negara-negara Islam sekarang, termasuk negara­negara yang penduduknya mayoritas Islam, seperti Indonesia. Buku ini juga dapat emberikan informasi tentang pengaruh dan proses transmisi pendidikan Islam pada dunia pendidikan Erpa dan Barat yang kelak menjadi cikal bakal perkembangan pendidikan di Eropa dan Barat.