Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Hati Nurani Melawan Kezaliman

Judul: Hati Nurani Melawan Kezaliman: Surat-Surat Bung Hatta Kepada Presiden Soekarno 1957-1965
Penyunting: Mochtar Lubis
Penerbit: Sinar Harapan, 1986
Tebal: 131 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Stok Kosong


Buku ini yang disusun dan diberi pengantar serta latar belakang peristiwa oleh Mochtar Lubis ini memuat delapan buah surat Bung Hatta yang ditujukan kepada Presiden Soekarno, dari tahun 1957 sampai tahun 1965.

Adapun surat-surat Bung Hatta itu BERISIKAN PERINGATAN DAN KRITIK-KRITIK atas segala pelanggaran Pancasila dan UUD '45 dan juga atas diabaikannya pembangunan ekonomi dan sosial bagi rakyat Indonesia.

Mochtar Lubis yang menyusun buku ini, sangat terkesan dengan nada surat-surat Bung Hatta yang senantiasa amat rasional, tanpa emosi dalam memberikan peringatan dan kritik, penuh kesabaran dan kebersihan hati terhadap Soekarno, penuh kejujuran cendikiawan, tanpa sesuatu ambisi pribadipun terbayang dalam surat-suratnya.

Yang menarik adalah ternyata Bung Karnopun tidak marah kepada Bung Hatta, hal ini dapat dilihat dari foto-foto yang menunjukkan adanya kedekatan diantara keduanya, sekalipun Bung Hatta berseberangan prinsip dengannya dan berkali-kali mengeritiknya (saat itu Bung Hatta sudah di luar pemerintahan).

Buku yang berupa dokumen sejarah ini patut untuk diketahui para pelajar, mahasiswa, cendekiawan, terutama generasi muda dalam melihat persfektif sejarah di masa-masa mendatang.