Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pemerintahan Sumatera Barat dari VOC Hingga Reformasi

Judul: Pemerintahan Sumatera Barat dari VOC Hingga Reformasi
Penulis: Gusti Asnan
Penerbit: Citra Pustaka, 2006
Tebal: 290 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Stok kosong


Buku ini mencoba memberikan informasi dan deskripsi yang relatif komprehensif tentang perubahan-perubahan unit administratif yang pernah ada dan terjadi di Sumatera Barat dalam rentang waktu 3,5 abad, tepatnya sejak zaman VOC hingga era reformasi. Di samping itu buku ini juga menguraikan dan mendiskusikan dengan cukup mendalam berbagai persoalan para birokrat daerah serta eksistensi, kerja sama atau konkurensi antara pihak eksekutif dan legislatif daerah.

Apa yang disajikan dalam buku ini relatif belum diungkapkan dan dibicarakan di buku manapun tentang sejarah daerah Sumatera Barat selama ini. Karena itu, kehadiran buku ini menjadi sangat penting, terutama ketika warga daerah dan anak bangsa tengah dilanda demam otonomi dan desentralisasi.

Buku ini menjadi sangat besar artinya bagi para “separatis” untuk mencari alasan historis pemekaran wilayah. Selain itu, buku ini juga menjadi sangat penting artinya bagi pihak eksekutif atau legislatif untuk mengetahui pengalaman pemerintahan daerah di masa lampau guna menyikapi perkembangan yang terjadi di masa kini serta merumuskan berbagai kebijaksanaan untuk masa depan yang akan datang. Bagi mahasiswa, peminat dan pemerhati pemerintahan daerah, buku ini dapat dijadikan bahan referensi yang bisa dirujuk.