Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Mendaki Gunung: Sebuah Tantangan Petualangan

Judul: Mendaki Gunung: Sebuah Tantangan Petualangan
Penulis: Norman Edwin
Penerbit: Aya Media Pustaka, 1999
Tebal: 244 halaman (ada foto full colour)
Kondisi: Bekas (bagus)
Terjual Jakarta Selatan


Dalam pengantarnya Norman Edwin pada buku ini Mei 1987, olahraga mendaki gunung sebenarnya sudah lama lahir namun perkembangannya tidak terlalu pesat dibandingkan dengan usianya yang cukup lama. Menurutnya adalah karena kurangnya kepustakaan mengenai mendaki gunung. Kepustakaan yang ada sangat sedikit dan itupun kebanyakan literatur dengan bahasa asing, sehingga sulit sebagian orang untuk memahami.

Keadaan tersebut menurut pengamatannya diperburuk dengan gejala pelitnya para pendekar mendaki gunung yang sudah mahir untuk membagi ilmunya. seperti kisah persilatan tempo dulu, para pendaki gunungyang sudah mahir di Indonesia ternyata masih segan mengeluarkan seluruh ilmunya kepada yunior-yuniornya. kalaupun dikeluarkan, diam-diam masih ada ilmu yang sengaja disimpannya, mungkin sebagai senjata pamungkas kalau-kalau sang murid melebihinya. maka tak mengherankan kalau kalau sebuah perkumpulan beken yang menjaga ilmunya secara ketat. tak heran pula melihat buku-buku pegangan perkumpulan-perkumpulan yang berlabel, Rahasia. Persis macam Dokumen rahasia milik negara.

Hal-hal inilah yang mendorong Norman Edwin untuk membuat naskah tentang mendaki gunung. Sebagian isi buku adalah kumpulan artikel yang pernah dimuat di Majalah Dwi Mingguan "Mutiara" sebenarnya tulisan tersebut direncanakan untuk sebuah buku, namun sambil menunggu pihak-pihak yang berminat artikel tersebut dimuat di sebuah majalah yang kebetulan penulis juga bekerja sebagai wartawan dari Majalah tersebut.