Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Wanita Versus Wanita: Kritik atas Nawal El-Saadawi

Judul: Wanita Versus Wanita: Kritik atas Nawal El-Saadawi
Penulis: Goerges Tarabishi
Penerbit: Mizan, 2001
Tebal: 318 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Terjual Bekasi

"Aku tidak Membenci Laki-laki, tapi Membenci Sejarah Laki-laki"
(Seorang tokoh dalam cerpen Nawal El-Saadawi)

Nawal El-Saadawi adalah sosok feminis dan sastrawan Mesir terkemuka dan paling kontroversial. Dia pernah mendekam di penjara. Mengapa? Lantaran dokter Ahli Bedah yang menguasai Ilmu Jiwa -demikian Saadawi mengukir prestasinya di dunia akademis- ini menyodok pemerintahnya dan para pemuka agama konservatif dengan pendapat dan kebebasannya berpikir seperti diekspresikan melalui tulisan-tulisannya.

Kontroversi mengenai Nawal El-Saadawi kembali menyeruak ketika sidang awal untuk dirinya diumumkan akan kembali digelar di Kairo, Mesir, pada Juli 2001. Seperti dikutip dari kantor berita Associated Press (AP), kali ini kasus yang dituduhkan kepada Saadawi oleh ahli hukum Habih El-Wahsh adalah penghinaan terhadap agama Islam dalam suatu wawancara di mingguan Al-Midan pada Maret 2001.

Di sinilah letak pentingnya karya Georges Tarabishi ini, Tarabishi, secara lantang, mengkritik pandangan radikal Saadawi dan membuka peluang lebih jauh untuk memahami pemikiran inti Saadawi. Buku ini menjadi istimewa lantaran memuat pula tanggapan baik Saadawi yang berapi-api terhadap kritik Tarabishi.


"Buku ini merupakan sebuah wacana: wacana lintas budaya, budaya ilmu -kalau telaah psikoanalisis bisa disebut telaah keilmuan- dan budaya seni -kalau novel bisa disebut karya seni... Marilah kita baca buku ini. Renungkan. Lalu tangkap "aha"-nya. Hikmahnya. Karena buku ini -lewat penerjemahan yang cekli- memang menjadikan perenungan "from wonder into wisdom" bagi para pembacanya."
--Darmanto Jatman

Georges Tarabishi adalah penulis, penerjemah, dan kritikus terkemuka kelahiran Suriah. Tarabishi menulis sejumlah buku dalam bahasa Arab tentang sastra, politik, dan psikologis. Dia telah menerjemahkan gagasan-gagasan Freud, Marx, dan Sartre ke dalam bahasa Arab.