Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pancaran Ilahi Kaum Sufi

Judul: Pancaran Ilahi Kaum Sufi
Penulis: Mawlana Abdur Rahman Jami
Penerbit: Pustaka Sufi, 2003
Tabel: 450 halaman
Kondisi: Bagus (Stok Lama)
Terjual Tangerang

Buku yang diterjemahkan dari kitab Nafahat al Ula ini merupakan karya paling monumental dari seorang sufi agung yang dikenal baik di Timur (oleh kalangan muslim sendiri) maupun di Barat (oleh orientalis pengkaji sufisme), Mawlana Abdur Rahman Jami (1414-1492 M). Mula-mula, karya ini ditulis dalam bahasa Persia, dan menempati posisi penting di antara sekian kitab tasawuf dan biografi tokoh sufi yang pernah ada. Dibandingkan Hilyah al-Awliya’, Tazkirah al-Awliya’, Tabaqat as-Sufiyyah, al-Kasyf al-Mahjub, karya ini tidak kalah menariknya.

Karya ini dibagi dalam dua bagian. Pertama merupakan pengantar yang memuat Sembilan penjelasan penting mengenal sufisme. Nilai penting bagian ini sebagai rujukan para peneliti dan penggiat dunia tasawuf, terletak pada analisis-analisisnya yang tajam, detail, dan informative tentang sumber dan ajaran tasawuf, fenomena-fenomena yang muncul di dunia tasawuf seperti tarekat, sekete, serta ditopang pula dengan penilaian sang penulis sendiri atas perkara-perkara tersebut.

Adapu bagian kedua memuat biografi 200 syekh sufi terkemuka, mencakup sejarah kelahiran dan wafat mereka, perjalanan hidup, statsus kesufian, maqamat, karamah-karamah yang mereka punya, dan paling penting adalah Mawlana Jami juga menyunting berbagai aformisma dan kisah spiritual para syekh tersebut, serta menjelaskan bagian demi bagian, petuah-petuah mereka, sehingga kemudian layak disebut kredo sufi.