Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Power/Knowledge: Wacana Kuasa/Pengetahuan

Judul: Power/Knowledge: Wacana Kuasa/Pengetahuan
Penulis: Michel Foucault
Penerbit: Bentang Budaya, 2002
Tebal: 356 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Stok kosong


Foucault merupakan filosof yang menjadi gerbong gerakan filosofi post-modern di dunia bersama dengan Jacques Derrida. Pemikirannya dilandasi oleh sebuah pemikiran kritis terhadap pemikiran pada masa lalu, ia menganggap bahwa pemikiran dapat mengalami proses seiring perjalanan waktu.

Foucault memunculkan pemikiran baru yaitu “power/knowledge”. Foucault melakukan sebuah demistifikasi terhadap sebuah makna power terhadap sebuah hubungan resiprokal, mutualisme antara sirkulasi pengetahuan dengan kekuatan untuk mengendalikan. Foucault menyatakan dalam bukunya “power/knowledge” (1980), bahwa power adalah sebuah mekanisme yang menciptakan rasionalitas hukum dan pengetahuan sebagai sebuah alat untuk menegakkan kekuasaan yang lebih besar.

Analogi pernyataan ini adalah seperti tidak ada kriminologi tanpa penjara, tidak ada teknologi forensik tanpa polisi atau tidak ada obat tanpa ada klinik, yang menunjukkan sebuah pengetahuan tidak lebih dari sekedar perangkat dalam memaksa individu-individu untuk mematuhi kekuasaan yang ada. power/knowledge menunjukkan sebuah hubungan positif antara kekuasaan dan pengetahuan. Menurut Foucault, yang mendasari ahli lain seperti Luke, Dahl, Clegg, dan Giddens, dalam membuat pemahaman baru mengenai fungsi, definisi dan posisi power dalam konteks relasi dengan pengetahuan.