Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Antologi Filsafat

Judul: Antologi Filsafat
Penulis: Graham Higgin
Penerbit: Bentang Pustaka, 2004
Tebal: 247 halaman
Kondisi: bekas (bagus)
Stok Kosong


Karena kata-kata adalah alat hitung bagi orang-orang bijak, yang mereka lakukan tak lain adalah memperhitungkannya; namun kata-kata adalah uang bagi orang-orang tolol, yang menilainya berdasarkan otoritas seorang Aristoteles, seorang Cicero, atau seorang Thomas, atau Doktor yang mana pun, yang tidak lain adalah seorang manusia.
Thomas Hobbes (1588-1679)

Menurut Plato, aforisme merupakan gaya filsafat paling tua. Seorang penyusun aforisme seakan-akan ingin menciptakan anak panah dari bahasa, yang mampu menancapkan pengetahuan ke dalam ingatan para pendengarnya. Kalimat-kalimat itu dipertajam hingga benar-benar runcing dan diluncurkan untuk melawan monster barbarisme dan kebodohan.

Antologi Filsafat ini menghimpun sejumlah ungkapan dari para filsuf, mulai dari Thales, Plato, Descartes, Kant, Sartre, Foucault, hingga Derrida, yang diambil dari karya-karya besar mereka. Untuk itu, berbagai kalimat tersebut disajikan beserta konteksnya dan disertai kutipan-kutipan terkait yang diambil dari karya filsuf yang sama atau filsul lain yang memiliki pandangan serupa. Saat memikirkan kalimat-kalimat ini, kita diharapkan akan terdorong untuk melangkah menuju habitat asli kalimat itu, dengan mengikuti petunjuk-petunjuk yang disedikan dalam antologi ini.

Dengan mencurahkan perhatian pada kalimat-kalimat tersebut, kita selanjutnya diajak untuk mulai berlatih mengasah ketajaman kita berfilsafat dengan menguji maksud ungkapan-ungkapan itu, menggambarkan implikasi-implikasi logis yang dikandungnya, dan memberikan komentar kritis yang mantap.