Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Menyingkap yang Tersembunyi: Misteri Tuhan dalam Puisi-puisi Mistis Islam

Judul: Menyingkap yang Tersembunyi: Misteri Tuhan dalam Puisi-puisi Mistis Islam
Penulis: Annemarie Schimmel
Penerbit: Mizan, 2005
Tebal: 340 halaman
Kondisi: Buku bekas (bagus)
Terjual Jakarta


Kecaman Al-Quran terhadap penyair tertentu tak membuat Muslim kehilangan puisi. Meski menampik disebut sebagai puisi, Al-Quran sendiri tak kurang-kurangnya berkualitas puitis yang tiada bertara. Ekspresi dan kandungan Al-Quran justru menjadi sumber inspirasi Muslim dalam proses kreatif para penyair Muslim.

Tapi, puisi memang bukan seperangkat doktrin atau ajaran atau tafsir. Dengan wataknya yang metaforis itu, puisi dalam banyak hal mampu menampung pelbagai kemungkinan makna yang amat kaya, termasuk yang paradoks dan yang ambigu, serta lebih fasih dan subtil. Jika tafsir mengajak orang untuk berpikir tentang kebenaran, puisi mengajak orang merasakan kebenaran. Jika tafsir bicara dengan bahasa akal dan logika, puisi bicara dalam bahasa hati dan intuisi. Jika tafsir bicara tentang transendensi yang melangit, puisi bicara tentang imanensi yang membumi.

Dengan mengulas khazanah puisi mistis Islam, buku ini meliputi puisi-puisi religius Arab, perkembangan puisi mistis Persia, hayat dan karya Rumi, puisi rakyat, dan puisi penghormatan kepada Nabi.

Annemarie Schimmel, seorang sarjana yang membaktikan seluruh hidupnya untuk studi tasawuf, menunjukkan betapa kaya dan dalamnya khazanah ekspresi kecintaan kaum Muslim kepada Tuhan dan Nabinya.

"Tidak hanya menunjukkan kepekaan yang tajam atas karya-karya sastra, buku ini juga merupakan karya kesarjanaan yang mengandung spirit yang mengagumkan. Sebuah rujukan esensial yang menjangkau pelbagai bidang kajian."
Middle East Journal

"Buku ini, seperti karya-karya Schimmel yang lain, memperlihatkan kecintaan dan pengabdiannya pada tasawuf, dan antusiasmenya memberikan inspirasi (kepada semua orang). Sebuah pengantar yang bagus tentang mistisisme Islam."
The Journal of Religion

ISI BUKU
Mengapa Puisi Sufi?
Pengantar Saini K.M. -- 11
Ucapan Terima Kasih -- 23
Pendahuluan -- 25

1. Bunga Padang Pasir: Perkembangan Puisi Mistis Arab -- 37
2. Cermin-Cermin Kecil bagi Keindahan Ilahi: Puisi Mistis Klasik Persia -- 84
3. Gapura Matahari -- Kemenangan Cinta: Maulana Rumi dan Metafora Cinta -- 127
4. Suara Cinta: Puisi Mistis dalam Bahasa Rakyat -- 197
5. Kekasih Tuhan dan Syafaat bagi Manusia: Puisi Penghormatan bagi Sang Nabi -- 242

Kepustakaan -- 297
Indeks -- 335