Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Umar Kayam Ziarah Lebaran

Judul: Ziarah Lebaran
Penulis: Umar Kayam
Penerbit: Pustaka Utama Grafiti
Kondisi: Stok lama (bagus)
Tebal: 82 halaman
Harga: Rp. 45.000 (belum ongkir)
Order: SMS 085225918312


Umar Kayam tentu saja seorang realis. Namun, realisme Umar Kayam bukan realisme borjuis, Bukan pula realisme sosialis. Realisme Umar Kayam adalah realisme kultural. (Jika) Realisme borjuis cenderung mendekati kehidupan secara psikologis, realisme sosialis secara sosiologis-politis, sedangkan realisme Umar Kayam mendekati hal tersebut secara antropologis. Setidaknya di Indonesia, realisme kultural dalam pengertian di atas benar-benar merupakan sumbangan Umar Kayam yang signifikan dalam sejarah sastra Indonesia, sebagaimana terlihat dalam cerpen-cerpen yang ada di kumpulan ini.

Cerpen di dalamnya begitu sederhana. Seputar lebaran dan pulang kampung tentunya. Keduanya begitu berkitan erat. Saat lebaran secara tak langsung kita merasa berkewajiban untuk pulang kampung. Dari sekedar mengunjungi saudara di kampung atau menziarahi makam orang tersayang. Tapi ternyata pulang kampung itu tak sesederhana yang bisa dibayangkan. Ada banyak pernak-pernik yang menlingkupinya. Kejadiannya sering kita lihat tiap tahun. Namun, karena 'seringnya' itu kita luput melihatnya lebih detil.

Sayang, tiga cerpen terakhirnya tidak bernuansa ziarah lebaran. Lebih kepada cerpen tentang korupsi, kolusi dan nepotisme. 'Budaya' yang berkembang saat cerpen-cerpen ini dibuat, bahkan hingga resensi sederhana ini dituliskan.