Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Membumikan Islam Progresif

Judul: Membumikan Islam Progresif
Penulis: Shalahuddin Jursyi
Penerbit: Paramadina, 2004
Tebal: 391 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Stok kosong


Islam dalam fase sejarah sebagai agama yang 'dirisalahkan' oleh Allah kepada manusia melalui utusannya (Muhammad) akan terus bermetamorfosis pada aras sosial-kesejarahan manusia.

Tawaran 'Membumikan Islam Progresif' (Juli, 2004) merupakan bentuk wacana keislaman yang mengusung pembaharuan dalam keberagamaan umat Islam, mengambil jargon Islam Progresif sebagai bentuk manifestasi. Alih-alih sosio-historis keberagamaan yang terjadi dunia Islam di Tunisia.

Arus-dialektika yang diusung pada konteks keber-Islaman sosial di Tunisia tidak semata pada tataran teologis an sich. Wacana keislaman lainnya, misalnya pikiran-pikiran liberal mengenai HAM, politik, konsep negara, demokrasi dan ekonomi menjadi entitas dan inspirasi kritis bagi gerakan pemikiran kelompok akademis-intelektual di Tunisia.

Misalnya mengenai negara, dalam pandangan gerakan Islam Progresif karakteristik sosial suatu negara dikaitkan kebijakan-kebijakan ekonominya (hlm 167). Artinya perekonomian menjadi varian yang 'bersentuhan' pada satu titik kosmopolitanisme atas semua aspek include negara di dalamnya.

Dari sisi keislaman mengenai wahyu, misalnya. Dalam keyakinan garis Islam Progresif, posisi al-Qur'an sebagai wahyu seyogianya memiliki fungsi sosial dengan tidak mengabaikan sakralitas yang dimiliki. Mengajak al-Qur'an berdialektika dalam ruang aktual-sosial bermasyarakat (baca: 200-220). Tidak semata-mata menempatkan wahyu dalam 'sangkar' teologis-episteme.

Kajian 'Membumikan Islam Progresif' menekankan keber-Islaman pada aspek sosio-historis umatnya dalam berbagai aspek. Tidak saja secara teologis, ontologis dan epistemologis melainkan betul-betul menghadirkan denyut dan nafas Islam dalam kesejarahan sosial umatnya.