Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mistik Islam Kejawen Raden Ngabehi Ranggawarsita: Suatu Studi Terhadap Serat Wirid Hidayat Jati

gambar
Rp.95.000,- Rp.70.000,- Diskon
Judul: Mistik Islam Kejawen Raden Ngabehi Ranggawarsita: Suatu Studi Terhadap Serat Wirid Hidayat Jati
Penulis: Dr. Simuh
Penerbit: KPG, 2019
Tebal: 456 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Baru Segel)

Ada beberapa poin penting yang perlu digarisbawahi. Pertama, Karya Simuh ini menunjukkan kepada kita, bahwa pemikiran Islam yang berkembang pada saat itu, khususnya di Jawa adalah pemikiran Islam yang bernuansakan tasawuf walapun dalam perspektif kultur Jawa, sesuai kearifan lokal setempat, dimana Islam berkembang dan diterima menjadi sebuah keyakinan bagi para pengikutnya.

Kedua, naskah Ranggawarsita yang kemudian dipublikasikan melalui karya penelitian Simuh ini, merupakan karya standard dan kekayaan warisan intelektual pada zamannya yang penting untuk dilestarikan, sehingga generasi berikutnya masih dapat mengenali warisan berharga ini dan tidak melewatkan atau melupakannya begitu saja.

Ketiga, Karya ini dapat menjadi salah satu rujukan penting sebagai salah satu model dalam studi sumber naskah klasik yang khas nusantara, yakni dalam memahami model keberagamaan Islam lokal Indonesia dengan mempertimbangkan ajaran al-Qur’an dan hadist sebagai sumber utamanya, serta tidak melupakan setting sosial-politik, ekonomi, dan kultur yang mengitarinya dimana tempat ajaran Islam tumbuh dan berkembang. Inilah konteks dimana kearifan sikap keberagamaan lahir, yang akan membawa pada kemampuan toleransi dalam kehidupan umat beragama dalam cakupan lebih luas dalam kehidupan berbangsa yang heterogen baik dari segi bahasa, suku, dan agamanya.
Pesan Sekarang