Respon Cepat

Respon Cepat

Jual Buku Keluarga Sakinah dalam 'Aisyiyah: Diskursus Jender di Organisasi Perempuan Muhammadiyah

Judul: Keluarga Sakinah dalam 'Aisyiyah: Diskursus Jender di Organisasi Perempuan Muhammadiyah
Penulis: Prof. Dr. Ismah Salman, M.Hum.
Penerbit: PSAP Muhammadiyah, 2005
Tebal: 363 halaman
Kondisi: Buku baru stok lama (bagus)
Harga: Rp. 50.000 (belum ongkir)
Order: SMS 085225918312


Sulit ditemukan karya tulis yang membahas keluarga sakinah yang ditulis oleh seorang perempuan. Uniknya lagi, buku ini menggunakan perspektif keadilan dan kesetaraan. Karya yang awalnya disertasi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini berasal dari pengkajian mendalam tentang perempuan dan keluarga sakinah dengan mengambil sampel penelitian di beberapa kawasan yang menjadi basis organisasi perempuan Islam, `Aisyiyah (Ortom Muhammadiyah), yaitu: Yogyakarta, Jakarta, Padang, dan Ujung Pandang (Makassar).

Secara umum buku ini berisi implementasi pemahaman tentang perempuan dalam `Aisyiyah yang menguraikan kedudukan, ruang gerak, hak-hak, dan peran mereka sebagai pembina keluarga serta dalam pengembangan masyarakat. Di samping itu, juga dikaitkan dengan persepsi tentang gender yang dalam dua dasawarsa terakhir ramai dibicarakan. Karya unik ini juga membahas strategi pembinaan keluarga sakinah yang meliputi pembinaan keagamaan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial. Di bagian akhir buku ini diuraikan upaya sosialisasi keluarga sakinah, yang diantaranya melalui dakwah pada lembaga pendidikan dan instansi pemerintah, dakwah bagi remaja, dan lain-lain.

Di samping membahas konsep keluarga sakinah menurut `Aisyiyah (dan tentunya berkaitan dengan Muhammadiyah), buku ini juga memberikan beberapa masukan dan kritik terhadap `Aisyiyah terkait dengan program pembinaan keluarga sakinah. Banyak ide-ide baru mengenai perempuan dan keluarga sakinah yang bisa dipetik dari karya ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tolong like Facebook kami, trims