Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pramoedya Ananta Toer Dari Dekat Sekali

gambar
Rp.70.000,- Rp.53.000,- Diskon
Judul: Pramoedya Ananta Toer Dari Dekat Sekali
Penulis: Koesalah Soebagyo Toer
Penerbit: KPG, 2018
Tebal: 288 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok lama)

Judulnya sangat tepat! Pram dari dekat sekali.. karena di buku ini, kita akan menemui kontraproduktif dari apa yang selama ini kita dengar dari media mengenai sosok Pram. Buku ini membuat kita merasa lebih dekat dengan Pram secara pribadi. Pram memang sangat membumi dan 'humoris'..

Ada satu fakta yang selalu saya ingat.. Saat adiknya bertanya, kapan dan bagaimana dia mengawali hobinya menulis. Pram bilang, sejak kecil, karena ia tak terbiasa atau tidak dididik untuk jadi orang yang ekspresif secara verbal, maka ia terbiasa menumpahkan uneg-unegnya lewat tulisan. Lalu ia juga bercerita, pertama kali mengirim tulisannya ke penerbit saat ia berusia 12 tahun.

Judul manuskrip yang ia kirimkan itu kurang lebih : Kumpulan Khasiat Tanaman dan Ramuan Tradisional.

Pramoedya Ananta Toer, karena pandangannya yang pro-komunis Tiongkok dicap sebagai komunis dan harus menjalani hukuman sampai 14 tahun tanpa proses pengadilan. Tapi Pram tidak pernah menyerah, tetap semangat menulis dan terus menghasilkan karya-karya yang mengharumkan nama Indonesia sampai ke mancanegara.

Lewat buku ini juga saya jadi tahu sosok pak Pram itu seperti apa, ternyata beliau itu tidak terlalu suka lama-lama bertamu, gemar membakar sampah, tidak suka ke dokter lebih baik mengobati secara tradisional daripada ke dokter dan setiap waktunya dihabiskan untuk menulis dan menulis. Tulisan-tulisan pak Pram itu dilatari dengan pengalaman-pengalaman pribadinya.

Pak Koesalah (Lilik) adalah "keranjang sampah" bagi pak Pram untuk hal-hal yang tidak dapat, tidak tepat atau tidak pantas dikemukakan kepada orang lain.

Kenalilah Pramoedya Ananta Toer lewat buku ini.
Pesan Sekarang