Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Anti Cina, Kapitalisme Cina dan Gerakan Cina: Sejarah Etnis Cina di Indonesia

Judul: Anti Cina, Kapitalisme Cina dan Gerakan Cina: Sejarah Etnis Cina di Indonesia
Penulis: Onghokham
Penerbit: Komunitas Bambu, 2008
Tebal: 204 halaman
Kondisi: Buku baru stok lama (bagus)
Harga: Rp. 60.000 (belum ongkir)
Order: SMS 085225918312


Buku ini membuktikan bahwa kedekatan dengan penguasa, modal besar atau kuatnya jaringan dagang terbukti tak mampu membendung gerakan anti Cina di Indonesia. Onghokham mampu memberi kita bahan untuk berefleksi dan mengambil inspirasi bahwa kita seharusnya tak berhenti menancapkan pilar perlawanan terhadap sistem kekuasaan yang korup, kemiskinan dan rasialisme.
Ester Indahyani Jusuf, Ketua Pengurus Solidaritas Nusa Bangsa (SNB)

Onghokham seperti "Time Tunnel". la menghadirkan masa lalu langsung ke hadapan kita dan beruntunglah bangsa Indonesia, terutama para "cokin" sebab ia dengan berbagai tulisannya -sebagaimana terkumpul dalam buku ini- dapat dengan mudah berefleksi seraya memahami identitasnya dan kemana mesti menuju.
Ivan Wibowo, Pendiri Jaringan Tionghoa Muda (JTM)

Pengalaman Onghokham sebagai asisten penelitian Bill Skinner, sarjana terkemuka studi Cina di Asia Tenggara, pada akhir 1950-an, serta pergulatan intelektualnya sebagai peranakan Cina banyak berperan membentuk pandangannya ten tang kedudukan orang Cina di Indonesia. Latarbelakang itulah yang membuat buku Onghokham ini mampu secara tajam menjelaskan pelbagai masalah, seperti sentimen anti Cina, gerakan sosial orang Cina serta peran ekonomi mereka sejak zaman Hindia Belanda hingga pasca Orde Baru.
Benny Subianto, Peneliti