Respon Cepat

Respon Cepat

Jual Buku Yahudi & Nasrani Dalam Al-Quran: Hubungan Antar Agama Menurut Syaikh Nawawi Banten

Judul: Yahudi & Nasrani Dalam Al-Quran (Hubungan Antar Agama Menurut Syaikh Nawawi Banten)
Penulis: Asep Muhamad Iqbal
Penerbit: Teraju, 2004
Tebal: 196 Halaman.
Kondisi: Buku bekas (cukup)
Harga: Rp. 50.000 (belum ongkir)
Order: SMS 085225918312


Buku ini membahas pemikiran, Syaikh Nawawi Banten, seorang ulama terkemuka keturunan Indonesia yang mempunyai reputasi Internasional, khususnya di Timur Tengah dan kawasan Asia Tenggara, pada masanya. Karya Nawawi Banten, Marah Labid, banyak disebut-sebut sebagai landmark dalam sejarah tafsir Indonesia karena merupakan salah satu karya tafsir pertama yang membahas keseluruhan Al Quran. Buku ini penting karena penulisnya memfokuskan diri pada salah satu sisi paling maju Marah Labid. Kenyataannya, jauh-jauh hari sebelum dialog lintas agama marak belakangan ini, Nawawi Banten telah memetakan hubungan antarumat beragama dengan interpretasinya terhadap ayat-ayat yang berbicara tentang Yahudi dan Kristen dalam Al Quran. Penulisnya juga memberi kita konteks historis tafsir tersebut dengan melacaknya pada "jaringan ulama" yang merupakan akar intelektual dari perkembangan pemikiran Islam setidaknya sejak tiga abad yang lalu. Sebuah langkah maju yang layak diapresiasi.

"Tidak perlu diragukan lagi betapa relevan fokus pembahasan [buku] ini bagi situasi Indonesia sekarang, mengingat belum adanya pemahaman antaragama yang memadai."
Dr. Nico J.G. Kaptein, Leiden University & Koordinator INIS

"Kehadiran buku ini merupakan sumbangan bagi kajian warisan keislaman" nusantara abad sembilan belas dan menambah jajaran karya tentang sambutan bagi wacana dialog antaragama dalam perspektif seorang muslim."
Prof. Dr. Azyumardi Azra, Guru Besar Kehormatan Melbourne University

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tolong like Facebook kami, trims