Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Kewarganegaraan, Kebangsaan, dan Etnisitas: Mendamaikan Persaingan Identitas

Judul: Kewarganegaraan, Kebangsaan, dan Etnisitas: Mendamaikan Persaingan Identitas
Penulis: T.K. Oommen
Penerbit: Kreasi Wacana, 2009
Tebal: 416 halaman
Kondisi: Buku stok lama (bagus)
Harga: Rp. 75.0000 (belum ongkir)
Order: SMS 085225918312 
 

Buku terjemahan dengan judul asli Citizenship, Nationality, And Ethnicity Reconciling Competing Identities, adalah buku berusaha meluruskan konsepsi yang terjadi tentang warga negara, bangsa, dan etnis. Diawali dengan sebuah landasan konseptual dari warga negara, bangsa dan etnis, juga memberikan sebuah penjelasan dan argumentasi serta komponen-komponen yang ada dalam sebuah realitas sosial hari ini. Lalu mengkaji keterkaitan diantara komponen yang ada, dan membangun sebuah konsepsi ulang tentang warga negara, bangsa dan etnis.

Buku ini mengkaji contoh-contoh kasus di negara-negara yang rawan konflik karena dengan berbagai alasan yang sebelumnya diungkapkan oleh para pakar, kemudian di luruskan menurut penulis disertai argumentasi yang jelas pula tentunya. Lalu, meluruskan setiap hal dan membangun sebuah konsepsi yang baru atas apa yang telah terjadi.

Seperti ungkapan di awal bukunya, Ernast Barker berpendapat:

“Konsepsi para akademisi yang dinodai oleh media, dan kemudian diperkuat menjadi objek politik politik oleh politisi, bisa menjadi bom waktu yang akan merusak sistem negara yang berlaku. Itulah sebabnya para akademisi perlu menjaga kemurnian konsepsinya dengan cara mengawasi penggunaan konsepsi tersebut dan mengkritisi penyimpangannya. Para akademisi yang melahirkan sebuah ide tidak akan pernah melepaskan diri dari tanggungjawab akademisnya.” (1948 : 25)

penulis memang hanya ingin sekedar meluruskan setiap hal yang telah disampaikan sebelumnya, dan meluruskan setiap konsepsi yang sudah mapan sebelumnya.