Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Teologi Pembebasan: Sejarah, Metode, Praksis, dan Isinya

Judul: Teologi Pembebasan: Sejarah, Metode, Praksis, dan Isinya
Penulis: Fr. Wahono Nitiprawiro
Penerbit: LKiS, 2000
Tebal: 172 halaman
Kondisi: Bekas (cukup) 
Stok Kosong

Buku ini menjelaskan secara komprehensif mengenai sejarah teologi hingga perkembangannya sekarang, dari pemikiran hingga ke gerakan yang menyebar ke negara Amerika Latin hingga ke Asia. Buku ini mengeksplorasi secara mendalam dan rinci tentang ideologi dari berbagai perspektif dan beberapa tokoh yang memprakarsai dan memberikan andil dalam perkembangan teologi pembebasan. Ini merupakan salah satu buku "merah" (terlarang) pada masa rezim Orde Baru.

Walau buku ini kecil, namun sangat butuh waktu untuk menyelesaikannya. Ada tiga macam pembebasan yang berkaitan satu sama lain (hal. 12) yaitu:
1. Pembebasan dari belenggu penindasan ekonomi, dan politik, atau alienisasi kultural, atau kemiskinan dan ketidakadilan.
2. pembebasan dari kekerasan yang melembaga yang menghalangi terciptanya manusia baru dan digairahkannya solidaritas antarmanusia atau lingkaran setan kekerasan.
3. pembebasan dari dosa yang meungkinkan manusia masuk dalam persekutuan dengan Tuhan dan semua manusia.

Isu otonomi daerah dan ketidakpuasan akan pembagian keuangan pusat-daerah bukan sekedar kemerdekaan wilayah, namun pembebasan dari keserakahan dan kekerasan yang melembaga sebagai wajah jahat petualangan ekonomi dan politik nasional maupun globalisasi (Kata pengantar hal. 7).

Pengalaman pembebasan dari dunia ketiga di Amerika Latin dan Asia, masih relevan hingga saat ini. Pengaruh globalisasi ternyata menyentuh sendi-sendi pemerataan kesejahteraan yaang diperjuangkan oleh pejuang pembebasan, dan hal itu masih relevan hingga sampai saat ini. Dunia ketiga tetap berjuang.