Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bintang Panggung: Biografi Tati Saleh

Judul: Bintang Panggung: Biografi Tati Saleh
Penulis: Aam Amilia
Penerbit: Granesia, 2001
Tebal: 233 halaman

Apakah seniman dilahirkan, atau "dibuat"? Bagi Tati Saleh, kini 53 tahun, jawabannya adalah kedua-duanya. Seperti terungkap dalam buku ini, pada usia empat tahun, dia sudah bisa melantunkan tembang Cianjuran, yang punya cengkok khas, tanpa bimbingan pelatih. Tati hanya mencuri dengar, tatkala ayah dan saudara-saudaranya berlatih.

Begitu pun dengan kabisa-nya berjoget. Gerakan dasar dikuasainya dari mengintip orang latihan. Giler panon (lirikan mata), godeg (menggerakkan kepala), ngalungkeun soder (melempar selendang), dan keupat (berlenggang) bisa diperagakan Tati kecil dengan cekatan. Bakat alam itu kemudian diasah ayahnya, Abdulllah Saleh, Kepala Jawatan Kebudayaan Ciamis, tempat Tati dibesarkan.

Usaha keras itu membuahkan hasil. Pada usia belia, Tati Saleh sudah jadi bintang panggung. Ketika duduk di kelas I SMP, pada 1959, dia sudah dipercaya membawakan kidung menyambut Ayub Khan, Presiden Pakistan yang berkunjung ke Bandung. Selepas SMP, oleh ayahnya, Tati tak dikirim ke sekolah umum, melainkan disuruh melanjutkan ke sekolah karawitan.

Setelah melewati proses pematangan, jadilah Tati Saleh sebagai seniman serba bisa: penyanyi, penari, juga artis. Namanya dikenal tak hanya di lingkaran etnis Sunda, melainkan juga di tataran nasional. Sebagai penyanyi, dia punya karakter suara yang unik, bisa mencapai empat setengah oktaf, hal yang jarang dipunyai penyanyi lain.

Keistimewaan vokal Tati Saleh, oleh seniman Tan Deseng, disejajarkan dengan biduanita Barat, Katerinna Valente. Sebagai penari, gemulai tangannya sudah melintasi puluhan negara dari berbagai belahan dunia. Tati Saleh juga termasuk berjasa memopulerkan tari jaipongan. Walau usia "emas"-nya sebagai seniman sudah lewat, Tati Saleh masih belum berniat pamit dari panggung pertunjukan. "Saya akan menari dan menyanyi sampai akhir hayat," katanya.

Hidayat Tantan