Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pendekatan Kajian Islam dalam Studi Agama

Judul: Pendekatan Kajian Islam dalam Studi Agama
Editor : Richard C. Martin
Kata Pengantar : Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah
Penerjemah: Zakiyuddin Bhaidawy
Tebal : 303 Halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp 60.000 (belum ongkir)
Order: SMS 085225918312 


Munculnya pendekatan dalam kajian Islam secara langsung menggaris bawahi adanya penilaian di kalangan sarjana bahwa hubungan antara studi Islam dengan studi Agama tidak produktif. Persoalan pendekatan kajian Islam dalam buku ini adalah salah satu upaya untuk memberikan contoh khusus di mana data Islam,problem pemahaman trhadap data, serta relevansinya bagi perkembangan pemahaman terhadap kitab suci (scripture) bisa dikembangkan lebih sistematis.

Dalam kajian keagamaan yang terjadi selama ini,kitab suci selalu menjadi salah satu kategori taken for granted yang digunakan setiap orang sebagai sumber utama.Meskipun demikian,penempatan kajian keagamaan tidak selamanya menerapkan analisis historis-kriti,kritis teks,dan bahasa pada teks utama dari agama-agama dunia,termasuk tradisi yang dimilikinya.

Implikasiya, kajian yang ada sering tidak bersifat komprehensif. Untuk mengeliminasi persoalan tersebut, pendekatan kajian keagamaan harus diletakkan pada data otentik, rekonstruksi proses penyusunan teks, analisis teks demi informasi historis kontemporer, data meneliti gagasan-gagasan kunci dalam teks dan menelusuri sumber-sumbernya. Bagaimana cara mengembangkan analisis dan pencarian data-data keagamaan yang bersumber pada kitab suci secara komprehensif. Persoalan inilah yang dibahas dalam buku ini.

Buku ini adalah salah satu bentuk nyata dari hubungan antara sejarah agama-agama (history of religions) dan Islamic Studies. Buku ini menggambarkan betapa kajian tentang Islam membuka kemungkinan-kemungkinan bagi aplikasi metodologi dari disiplin keilmuan lain, utamanya social science dan humanities. Artinya, Islamic Studies memperoleh manfaat langung dari hubungan di atas bagi perkembangan epistemologinya. Ini juga merefleksikan bahwa objek kajian tentang Islam sedemikian luas dan kaya. Islamic Studies pada perkembangan kini dan mendatang yang jauh lebih rumit dan kompleks, mengandaikan pentingnya interconnective link dari berbagai pendekatan baik yang bersifat inter maupun multidisipliner. Hubungan semacam ini bukan berarti asal campur antar berbagai pendekatan itu, tetapi lebih merupakan hubungan kritis-komunikatif untuk menghasilkan kajian-kajian yang lebih memadai dan humanistik dalam upaya pencarian makna (meaning) ketimbang truth claim.

Daftar Isi
  • Kata Pengantar: Perkembangan Kajian Islam dalam studi Agama, Suatu Pengantar (Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah)
  • Islam dan Studi Agama (Richard C. Martin)
  • Al-Qur’an sebagai Kata Terucap: Kontribusi Islam untuk Memahami Kitab Suci (William A. Graham)
  • Muhammad Populer: Model-Model dalam Interpretasi Paradigma Islam (Earle H. Waugh)
  • Ritual Islam: Perspektif dan Teori (Frederick M. Denny)
  • Pendekatan Teoritis terhadap Haji : Pendekatan Baru terhadap Islam (William R. Waldman)
  • Pendekatan terhadap Studi Konversi Islam di India (Richard M. Eaton)
  • Hermeneutika Henry Corbin (Charles J. Adams)
  • Analisis Sastra terhadap Al-Qur’an, Tafsir, dan Sirah: Metodologi John Wansbrough (Andrew Rippin)
  • Menuju Hermeneutika dan Narasi lain dalam Pemikiran Isma’iliyah (Azim Nanji)
  • Interpretasi Orang Luar tentang Islam: Sudut Pandang Muslim (Muhammad Abdul Rauf)
  • Pendekatan terhadap Islam dalam Studi Agama (Fazlur Rahman)
Diambil dari bukunya.